Senin, 27 Oktober 2014

Pengertian Efektivitas Pembelajaran

Tingkat keberhasilan untuk mencapai target atau tujuan merupakan pengertian dari efektifitas. Pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila pembelajaran itu membuat siswa menjadi mudah dalam belajar, proses belajar menjadi menyenangkan, dan harapan dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran sudah tercapai. Jika tujuan dari proses pembelajaran telah tercapai maka pembelajaran itu sendiri dapat dikatakan efektif. Di dalam pembelajaran matematika memiliki tujuan diantaranya tujuan afektif dan kognitif. Tujuan kognitif berorientasi pada kompetensi siswa dalam memahami konsep matematika yang diukur dari nilai ujian atau tes dan aspek afektif berorientasi pada aktivitas dan sikap siswa selama mengikut kegiatan belajar mengajar. Hamalik (2001) menjelaskan bahwa pembelajaran efektif ialah proses pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan untuk belajar sendiri dan mengeksplor aktivitas sebanyak-banyaknya, diharapkan dari aktivitas tersebut siswa mampu memahami konsep yang sedang di hadapi. Tidak hanya dari sisi produktivitasnya saja sebuah pembelajaran efektifitas dinilai tapi juga dari persepsi seseorang.

Begitu juga dalam proses pembelajaran bahwa efektifitas tidak hanya diukur dari kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep saja namun juga dari respon yang muncul terhadap mata pelajaran yang sedang diikuti. Dapat dikatakan efektif apabila siswa mampu berinteraksi dengan guru dan mampu berinteraksi dengan siswa yang lain.

Artikel yang bagus untuk anda baca:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar